Selasa, 27 Maret 2012

Refleksi untuk Para Defacers






Ini adalah potongan dialog Casper dan salah satu Garuda Defacer soal idealisme hacking, aksi defacement dan spirit Hacktivism (Nofia Fitri, Casper_SPY dan Garuda Defacers)
Defacement dan Script Kiddies
“Weits semuanya bertahap cuy, kagak ada yang langsung belajar hacking, dari abis ngedownloaded backdoor terus langsung bisa nulis shellcode, dalem mimpi kali!!!!!!. Sebenarnya yang orang-orang tua lupa itu satu, mereka yang udah elite disana gak inget kalo dulu juga pernah kiddies, berangkat dari lamer yang demen defaced sana-sini. Seni menjadi newbie disitu lagi, download tools, scanning 24 jam, eksekusi deh begitu dapet bug, pasang root, nge-owned abis itu dengan bangganya nulis “hacked by me”. Namanya juga anak muda cuy, lstilahnya ‘BKT” (Baru Kenal Tools), kan gitu.” (Sang Defacer)
“Ane paham om, cuma kok tiap hari gak ada kemajuan ya, gitu-gitu aja, liat deh tuh forum-forum underground tanah air, yang ditanyain kalo gak cara ngehack facebook, ya ngedeface website orang. Jarang ada pertanyaan shellcode tutorial, software building, teknik jaringan, Project hardware, apalagi hacker ethics or hacktivism. Udah malah demen berantem-beranteman lagi, kerjanya main kata-kata an, padahal katanya kalo kena hacked harusnya bersyukur dapet pelajaran baru, eh malah ngumbar-ngumbar kebun binatang di jejaring sosial. Malahan ada yang parah suka pada jadi penjahat kelamin, masa ngejahatin diri sendiri nyebut2 miliknya yg sensitif, ih amit-amit deh.” (Casper_SPY)
“Iye sih emang itu juga satu masalah menurut gw, cuma ya anggep aja emang banyak newbie bermunculan jadi banyak juga dispenser, disisi lain itu kan tendensi bagus berarti banyak yang tertarik belajar hacking computer. Santai aja bro selama masih ada orang-orang peduli, master2 yang terus ngajakin script kiddies itu untuk naik pangkat, asal jangan pernah berhenti aja buat ngingetin kalau hacking bukan sekedar defacement dan defacement juga bukan sekedar nulis “hacked by me” terus di pajang di facebook biar ceweknya bangga, ihhh ….cowok ku hacker loh.” (Sang Defacer)
Defacement dan Forum Hacker
“Nyerang forum lain, kan sering tuh, malahan baru beberapa hari yang lalu. Masa sama-sama merah-putih sama-sama ada garuda didadanya masih serang-serangan, mending serang tuh pentagon rame-rame biar diomongin dunia terus hacker-hacker Indonesia makin punya nama di hacking global. Belum lagi ngedepes blog2 nya hacker sana-sini, di mirror sana-sini, abis itu dikutuk sana-sini. Salut deh sama yang kena defaced masih bisa tersenyum dan berterima kasih. ” (Casper_SPY)
“Kebanyakan memang mereka showoff, terus ada yang mikir kalo ngaku-ngaku forum hacker mesti diuji, dewa gak neh skill admintnya, atau malah katanya kalo kena hacked kan jadi terkenal makin rame deh forumnya, macem politik konspirasi deh, terus makin terkenal juga abis itu defacersnya, banyak yang minta belajar deh. Tapi beberapa karena persoalan salah paham juga cuy. Nah kalo dulu agak rame emang soalnya masih pada mikir pendek, kena adu domba terus ada juga yang hacker-hacker membernya ribut pribadi bawa2 masalah ke forum, jadi deh forum diacak-acak sama membernya ndiri. Disatu sisi ada juga individu-individu yang tujuannya ya pentester, uji security, kan kalo ketemu kelemahan sama kawan sndiri bagus, asal gak ngerubah2 halaman index dan nyebar2 database aja.” (Sang Defacer)
Defacement dan Idealisme Hacking (Spirit of Hacktivism)
“Wih nih gw kasih tahu ya cuy, kalo buat gw tujuan defacement salah satunya adalah ruang aspirasi dan ekspresi. Ngemuntahin unek-unek, nyampein ide, protes, sampai kasih solusi. Kalau aksi-aksi konvensional demo dijalan bakar-bakar ban udah gak pernah didenger, katanya banyak di tunggangin kepentingan. Nah kalo aksi defacement kan individu, masih murni lah. Jadi sebenarnya asi-aksi tim Garuda gw ya apa yang disebut kebebasan berekspresi diruang maya. Jadi kalau tim gw dititik extreme sampe ngerubah halaman index ya karena punya misi yang jelas. ”
Sebenarnya ada banyak eksplorasi ilmu dalam aksi-aksi defacement, yang orang gak tahu bahwa kepuasan bukan soal memasang statement ‘Hacked by Bla bla bla’. Buat beberapa defacer, mereka berhasil nguji skill dan jadi nambah ilmu buat dia, buat si victim, belajar untuk lebih aware sama sistem securitynya.
Tapi buat gw kepuasan defacement adalah ketika pesan-pesan yang ada dikepala gw nyampe ke mereka yang dikepalanya cuma ada nanah sama sperma, jadi gak bisa mikir sementara otaknya pindah ke dengkul. Kalo gw dikasih kemampuan malaikat sekalian gw deface isi kepala mereka supaya bener.
Klo cuma sebatas defacing lamer buat gw selesai ratusan websites gak lebih dari sejam. Gw gak ngelakuin ini lagi, cukup dulu karena ada rasa penasaran.
Gw gak aneh klo setiap orang yang belajar hacking computer ngebuktiin skill nya dari aksi defacement, untuk tahapan awal. Potong jari gw kalo gw salah. Kedepannya makin nambah ilmu makin menggunung juga wisdom nya, alias semakin berfikir bijak.
(Sang Defacer)
Nah kalau kawan2 hacker muda ku yang aku sayangi sudah bisa memahami catatan ringkas cerita Casper_SPY ini, saatnya kita meningkatkan skill dan tentu saja wawasan kita, bahwa hacking computer adalah menciptakan inovasi dan revolusi dalam kehidupan dan selalu ada motif dibalik aksi-aksi hacking kalian, bukan semata ISENG apalagi balas dendam.. Karena kita cinta DAMAI!!!
Mari jadikan Hacking Computer sebagai jalan untuk memajukan Indonesia dengan Teknologi..
*Cerita Casper_SPY adalah 50 % fiktif dihasilkan dari idealisme, pengalaman dan riset penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar